Kegiatan P5 “Clean the Beach”

Berita

P5 dalam Kurikulum Merdeka adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yaitu kegiatan kokurikuler berbasis projek. Kegiatan yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Secara prinsip, pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Dijelaskan dalam buku Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang diterbitkan oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, kita bisa mendapatkan berbagai informasi dan inspirasi dalam merancang dan melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Dipaparkan di panduan tersebut bahwa Kemendikbudristek telah menentukan tema untuk setiap projek profil yang diimplementasikan di satuan pendidikan.

Adapun Tema dari P5 pada jenjang SMK adalah :

  1. Gaya Hidup Berkelanjutan
  2. Kearifan Lokal
  3. Bhinneka Tunggal Ika
  4. Bangunlah Jiwa dan Raganya
  5. Suara Demokrasi
  6. Rekayasa dan Teknologi
  7. Kewirausahaan
  8. Kebekerjaan

Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 SMK Negeri 3 Denpasar mulai menerapkan kurikulum merdeka, dimana kelas X wajib mendapat materi P5. 3 tema yang dipilih pada tahun pelajaran ini adalah, Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal dan Kebekerjaan. Semua siswa kelas X dibagi menjadi 3 team sesuai jumlah tema. Pada semester 1 ini, tim 1 terdiri dari siswa kompetensi keahlian Perhotelan, tim 2 terdiri dari siswa kompetensi keahlian culiner dan tim 3 dari siswa kompetensi tata kecantikan kulit dan rambut serta tata busana. Kegiatan P5 dilaksanakan setiap hari jumat untuk semua tim. Dalam kurun waktu 1 tahun (2 semester) ke 3 tim masing-masing akan mendapatkan 3 tema atau dalam 1 tahun tema akan diroling, sehingga semua siswa mendapatakan materi P5 dari ke 3 tema yang sekolah pilih.

Pada tanggal 9 september 2022, kegiatan P5 dari tim 1 melakukan aksi nyata program zero waste dilingkungan pantai sanur dan mertasari dengan program “Clean Beach”. Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa dari tim 1 dan didampingi oleh fasilitator dri tema 1.