PENERIMAAN SISWA BARU 2012-2013

PENGUMUMAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN PELAJARAN 2012-2013

SMK NEGERI 3 DENPASAR

KETENTUAN UMUM :

  1. Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional selanjutnya disebut RSBI adalah sekolah yang menyelenggarakan Kelas Bertaraf Internasional yang telah memenuhi standar nasional pendidikan pada tiap aspeknya, meliputi kompetensi lulusan, isi, proses, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan, pengelolaan, penilaian dan penyelenggaraan serta lulusan berciri internasional
  2. Sekolah Reguler adalah sekolah yang tidak berstatus RSBI.
  3. Calon peserta didik baru adalah peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  4. Calon peserta didik baru luar kota adalah calon peserta didik baru yang berasal dari sekolah Indonesia di luar negeri, sekolah asing dan sekolah luar Kota Denpasar.
  5. Situs PPDB adalah website resmi Penerimaan Peserta Didik Baru Kota Denpasar yang belamatkan http://denpasar.siap-ppdb.com
  6. Seleksi calon peserta didik baru dilakukan melalui : jalur TPA (tes potensi akademik), jalur NUN dan jalur prestasi (akademik dan non akademik).
  7. Calon peserta didik baru hanya boleh memilih 1(satu) SMK RSBI (menjadi pilihan pertama) dengan maksimal pilihan 2 (dua) kompetensi keahlian dan 2(dua) SMK Reguler dengan masing-masing pilihan 2(dua) kompetensi atau ketiga-tiganya SMK Reguler dengan masing-masing 2(dua) kompetensi.

PERSYARATAN PESERTA :

Calon peserta didik baru SMK RSBI:

  1. Berusia maksimal 21 tahun pada tanggal 16 Juli 2012.
  2. Memiliki surat keterangan sehat dari dokter.
  3. Memliki surat keterangan dari sekolah asal yang menerangkan sebagai peserta didik SMP/MTs Kelas IX.
  4. Memiliki nilai rata-rata rapor 6,5 mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa inggris, matematika dan IPA SMP/MTs Kelas VII sampai Kelas IX (5 semester) kecuali yang masuk melalui jalur prestasi dan menyerahkan copynya yang dilegalisir sekolah asal.
  5. Melampirkan surat keterangan/sertifikat bahasa inggris dan lain – lain apabila memiliki.
  6. Melampirkan surat keterangan/sertifikat berprestasi dalam kompetisi akademik dan/atau non akademik apabila memilki.
  7. Melampirkan pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar.
  8. Membuat surat pernyataan orang tua bersedia mengikuti program RSBI.
  9. Biaya pendaftaran Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah).

TATA CARA PENDAFTARAN :

PENGAJUAN PENDAFTARAN :

  • Pengajuan pendaftaran dapat dilakukan mandiri dan datang langsung ke sekolah.
  • Mekanisme pengajuan pendaftaran mandiri sebagaimana dimaksud dalam point 1, dilakukan dengan prosedur sebagai berikut :
  1. Calon peserta didik baru membuka situs PPDB. situsnya adalah http://denpasar.siap-ppdb.com
  2. Calon peserta didik baru mengisi formulir pengajuan pendaftaran online;
  3. Calon peserta didik baru mencetak tanda bukti pendaftaran online yang memuat kode pendaftaran
  4. Calon peserta didik baru menandatangani dan kemudian menyimpan tanda bukti pengajuan pendaftaran
  • Mekanisme pengajuan pendaftaran datang langsung ke sekolah dengan prosedur sebagai berikut:
  1. Calon peserta didik baru datang langsung ke sekolah dengan membawa berkas, kemudian panitia sekolah membantu calon peserta didik baru melakukan pendaftaran online
  2. Panitia sekolah mencetak tanda bukti pengajuan online yang memuat kode pendaftaran dan menyerahkan ke calon peserta didik baru.
  3. Calon peserta didik baru menandatangani dan kemudian menyimpan tanda bukti pengajuan pendaftaran

VERIFIKASI PENDAFTARAN :

Mekanisme verifikasi pendaftaran adalah sebagai berikut:

  1. Calon peserta didik baru membawa berkas sebagaimana dimaksud ke sekolah tujuan
  2. Calon peserta didik baru menyerahkan berkas dan tanda bukti pengajuan pendaftaran online yang sudah ditanda tangani ke panitia sekolah.
  3. Panitia sekolah melakukan verifikasi berkas yang dibawa calon peserta didik;
  4. Panitia sekolah mencetak tanda bukti verifikasi pendaftaran kemudian di stempel, ditandatangani panitia dan calon peserta didik baru.
  5. Tanda bukti verfikasi pendaftaran diberikan kepada calon peserta didik baru dan arsip disimpan oleh panitia sekolah.
  6. Disamping mencetak bukti verfikasi pendaftaran SMP/SMA/SMK RSBI, panitia sekolah menyerahkan jadwal seleksi selanjutnya.

PESERTA LUAR DAERAH :

  1. Calon peserta didik yang dimaksud adalah calon peserta didik yang berasal dari lulusan sekolah asal luar kota Denpasar (Badung, Tabanan, Gianyar, Buleleng, Karangasem, Bangli, Klungkung maupun luar provinsi Bali)
  2. Calon peserta didik sekolah asal luar Provinsi Bali, peserta lulusan tahun sebelumnya dan peserta kejar paket B diwajibkan terlebih dahulu melakukan pendataan di Sekolah tujuan sebelum melakukan proses pendaftaran PPDB Real Time Online;
  3. Calon peserta didik sekolah asal luar Provinsi Bali, peserta lulusan tahun bebelumnya dan kejar paket B akan menerima nomor PENDATAAN yang dapat digunakan untuk melaksanakan pendaftar PPDB Real Time Online;
  4. Calon peserta didik baru sekolah asal luar kota Denpasar untuk  SMK RBSI tidak ada batasan bagi calon peserta didik luar Kota Denpasar.

PELAKSANAAN :

  1. Pelaksanaan pendaftaran PPDB Online pada SMK RSBI dilakukan dengan 2 (dua) tahap yaitu tahap pertama dan tahap kedua;
  2. Pelaksanaan PPDB Online SMK RSBI dilakukan untuk tahap kedua jika daya tampung pada masing-masing kompetensi tidak terpenuhi;
  3. Pelaksanaan pendaftaran PPDB Online SMK RSBI tahap kedua hanya bisa diikuti oleh:
  • calon peserta didik baru dari sekolah asal Kota Denpasar;
  • Calon peserta didik baru SMK RSBI yang gugur pada saat lapor diri tahap pertama karena disebabkan tidak memenuhi persyaratan khusus, dapat memilih kembali kompetensi keahlian yang berbeda pada SMK RSBI.

DAYA TAMPUNG :

NO PROGRAM STUDI JUMLAH KELAS SISWA
PRESTASI (MAX 10%) TOTAL
1 Tata Boga 5 16 160
2 Akomodasi Perhotelan 5 16 160
3 Tata Busana 1 3 32
4 Tata Kecantikan Rambut 1 3 32
5 Tata Kecantikan Kulit 1 3 32

JADWAL PELAKSANAAN :

NO KEGIATAN TANGGAL WAKTU LOKASI
1 Pendaftaran Online 14 - 23 Mei 2012 24 Jam Internet
2 Verifikasi Pendaftaran 14 - 24 Mei 2012 08.00 - 14.00 SMK N 3 Dps
3 Tes TPA - Matematika 28 Mei 2012 09.00 - selesai SMK N 3 Dps
4 Tes TPA - Bhs Inggris 28 Mei 2012 09.00 - selesai SMK N 3 Dps
5 Test TPA - Bhs Indonesia 29 Mei 2012 09.00 - selesai SMK N 3 Dps
6 Test TPA - IPA 29 Mei 2012 09.00 - selesai SMK N 3 Dps
7 Penyerahan SKHUN **) 5 - 8 Juni 2012 08.00 - 14.00 SMK N 3 Dps
8 Hasil Akhir / Pengumuman 11 Juli 2012 08.00 Internet
9 Daftar Ulang 12 - 14 Juli 2012 08.00 - 14.00 SMK N 3 Dps

**) Penyerahan SKHUN bagi peserta sekolah asal luar Provinsi Bali, Lulusan tahun sebelumnya dan kejar paket B

JALUR PRESTASI :

PERSYARATAN PESERTA JALUR PRESTASI :

  1. Memiliki prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kabupaten/Kota
  2. Fotocopy sertifikat prestasi dan dilegalisir sekolah
  3. Fotocopy rapor semester 1 - 5 dan dilegalisir sekolah
  4. Melampirkan pasfoto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 3 lbr
  5. Melampirkan surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit
  6. Melampirkan surat keterangan dari sekolah yang menyatakan setatus sebagai siswa kelas IX
  7. Melampirkan surat pernyataan orang tua bersedia mengikuti program RSBI
  8. Usia Max 21 tahun
  9. Tidak memiliki tatto / tindik
  10. Mengisi biodata pendaftaran jalur prestasi
  11. Mengikuti tes TPA dan Test seleksi prestasi
  12. Biaya pendaftaran Rp. 100.000,-
  13. Peserta datang langsung ke SMK N 3 Denpasar untuk melakukan pendaftaran

LAIN-LAIN :

  • Apabila calon peserta kesulitan melakukan pendaftaran, silahkan datang langsung ke SMK N 3 Denpasar untuk melakukan pendaftaran online, nanti akan dibantu oleh panitia. Yang harus dibawa pada saat pendaftaran online adalah fotocopy rapot yang sudah dilegalisir sekolah.
  • Pada saat verifikasi pendaftaran, peserta datang kembali ke SMK N 3 Denpasar dengan membawa berkas pendaftaran yang meliputi, tanda bukti pendaftaran, copy raport 5 semester yang sudah dilegalisir, surat ket sehat, surat ket sebagai siswa kelas IX, pasfoto dan surat pernyataan dari orang tua untuk bersedia mengikuti program RSBI
  • Pada saat verifikasi pendaftaran, peserta akan dicek fisik, yang meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, serta pemeriksaan keadaan badan, apabila memiliki tatto, maka akan didiskualifikasi (gugur).
  • Informasi lain-lain akan dimuat di website SMK N 3 Denpasar maupun di Facebook dan Twitter SMK N 3 Denpasar (FB : SMK Negeri 3 Denpasar, Twitter : @SMKN3Dps)

Download :

Surat Pernyataan Bersedia Mengikuti Program RSBI, silahkan download di bawah ini

Download Miror 1

Download Miror 2

Denpasar, 1 Mei 2012

ttd

Ketua Panitia

Comments

untuk pendaftaran berakhir sampai tanggal berapa ?

Pendaftaran online berakhir tanggal 19 Mei, lihat pada jadwal pelaksanaan

wah pak, agak ribet ya daftarnya.. gak ky tahun-tahun sebelumnya...

sebenarnya tidak ribet, mungkin masyarakat belum paham menggunan sistem PPDB online

gimana cara pendaftaran onlinenya ya pak ?
 

Daftar di http://denpasar.siap-ppdb.com
Pendaftaran baru bisa dilakukan sesuai jadwal

Saya ingin bertanya, pernyataan RSBI itu di isi lalu di print atau bagaimana ?

Setelah di download, diisi datanya dan diprint kemudian di tandatangani

pak 
alamat website pendaftaran online nya apa yaa??
 

daftarnya di http://denpasar.siap-ppdb.com
Nanti ada menu pengajuan Online, pilih RSBI trus tinggal isi data yg diminta

Nyarik surat kterangan sehat'nya bebas ??

Silahkan anda cari di Rumah sakit, puskesmas, poliklinik dan praktek dokter resmi

Kalau dari luar denpasar dimana TPA nya ?

Test TPA dikalsanakan di sekolah tujuan, kalau memilih SMK N 3 Denpasar, test TPA dilaksanakan di SMK N 3 Denpasar

kalo dari badung ? pakek tes online juga kah ,, apa langsung ke SMKN3denpasar ikUT TPA

Semua peserta (dalam dan luar kota Denpasar) wajib untuk melakukan pendaftaran online. Setelah mekukan pendaftaran online, datang ke SMKN 3 Denpasar untuk melakukan verifikasi pendaftaran dengan membawa tanda bukti pendaftaran online serta berkas persyaratan pendaftaran yg lainnya. Test TPA dilaksanakan di SMK N 3 Denpasar

Pengisian surat pernyataan RSBI itu d ketik apa d tulis tangan ya ?
 

Boleh diketik maupun ditulis tangan asalkan sudah ditandatangani peserta dan orang tua/wali

mohon dijawab
1.pada situs http://ajuan.siap-ppdb.com/#!/denpasar-rsbi/ belum bisa di pakai untuk daftar, yg ingin sy tanyakan, pembukaan nya dimulai tgl 14 ya?? jadi pada saat nya nanti ajuan.siap-ppdb baru akan memunculkan formulir pendaftaran nya gitu??
2. yg Surat Pernyataan Bersedia Mengikuti Program RSBI apa boleh memakai kertas A4? atau harus letter sesuai ketentuan asli?? tolong bag. admin dijawab.. suksma...

1. Ajuan pendaftaran RSBI akan aktif pada tanggal 14 Mei 2012 jam 08.00, mohon bersabar menunggu
2. Boleh, yang penting dicetak dan ditandatangani

dii dlm persyaratan khan nilai 4 mata pelajaran paling rendah 6,5..!!?
..jika ad salah satu nata plajaran nilainya di bawah 6,5 itu masih bisa mengikuti tes TPA..???

Kalau nilai dibawah 6,5 secara otomatis sistem tidak bisa dilanjutkan untuk melengkapi data pendaftaran. Peserta boleh mengikuti TPA apabila sudah memiliki no pendaftaran

d surat pernyataan nya itu kan ada tulisan d bawahnya "yang membuat pernyataan' itu d tulis nama syapa ? kita?

ditulis nama calon peserta, kemudian disampingnya ditulis nama wali/orang tua

slamat malam admin, mau nanya ni...
gimana ya caranya menghitung nilai?? apa nilai dr semester 1 sampai semester 5 dijumlah trus dibagi 5 atau hanya dipergunakan nilai semester 5 saja??
admin tolong dibalas....
saya masih belum mengerti masalah penghitungan nilai...
 

anda tidak usah menghitung nilai, cukup isikan saja nilai mata pelajaran di setiap semester, nanti secara otomatis dihitung oleh sistem

Biar tidak bingun bisa anda coba demo melakukan pendaftaran di http://denpasar.demo.siap-ppdb.com/

pindah rayon ya kalo dari badung,,

kalau untuk SMK RSBI tidak perlu, terkecuali berasal dari luar provinsi bali

pindah rayon lagi donk,,

kalau dari luar denpasar :)
 

Khusus untuk SMK RSBI pindah rayon hanya bagi peserta asal luar provinsi bali

spp nya berapa tiap bulan?  dan biaya pertama sekolah berapa?

SPP untuk siswa tahun 2011 lalu sebesar 210.000/bulan. untuk tahun ini belum bisa dipastikan, menunggu hasil rapat orang tua siswa dengan sekolah, apakah ada kenaikan atau tidak. Untuk biaya sekolah, SMKN 3 Denpasar hanya mengenakan uang untuk pembuatan pakaian dan lain sebagainya, kurang lebih sekitar 2jt

Peserta luar Denpasar wajib pendataan ke Dinas pendidikan pemuda dan olah raga  sebelum melakukan proses pendaftaran? bisa ngak di susul
 

Jika sekolah tujuan adalah SMK Pendataan dilakukan di Sekolah Tujuan

berkasnya itu d pakein blangko warna apa ?

Berkas dimasukkan ke dalam map, warna map bebas

Maaf,
Kalo pindah rayon.. apa saja yang harus dilampirkan/disiapkan utk verifikasi ulang ?
untuk pindah rayon itu, hrus ngurus apa saja ya pak..
maaf anak saya dari MTS Surabaya..
terima kasih infonya..
 
Salam

Untuk persyaratan pindah rayon silahkan menuju ke dinas pendidikan kota denpasar untuk informasi lebih lanjut, telp. 0361-247521.
untuk pendaftaran silahkan lihat persyaratan diatas kemudian sertakan juga surat ket pindah rayon dan datang langsung ke SMKN 3 Denpsar untuk melakukan pendataan, pendaftaran dan verifikasi pendaftaran.

mau tanya, sebelum tanggal 14 mei saya sudah daftar dan mendapat nomor ujian pengganti 0000000064.
pertanyaan saya perlukah saya mendaftar lagi atau tidak?

Pendaftaran abru dibuka mulai tgl 14 mei jam 08.00 di http://denpasar.siap-ppdb.com/
pastikan anda nanti mendaftar di website tersebut, bukan ditempat lain

kalo surat pernyataan orang tua formatnya kayak gmn?

Surat pernyataan RSBi bisa di download formatnya di informasi di atas. Lihat ada menu download paling bawah.

kalo misalnya mendaftar,a lewat NEM gmna,, blehh 
 

Kalau untuk SMK RSBI (SMK N 3 Denpasar) penerimaan siswa baru menggunakan Nilai Raport, nilai test TPA dan nilai ujian nasional ((2xNTPA)+(NR)+(2xNUN)/5). Kalau hanya ingin menggunakan NEM silahkan untuk mendaftar di SMK Reguler (SMKN 5 Dps, SMKN 2 Dps, SMKN 4 Dps)

SAYA sdang mndftar d smk 3 tpi knapa kok nlai rta" b.indo msya d blang kurang dri 65, pdhal saya sdah mnghitung tpi hsil nya d atas 65????
 

6,5 itu adalah nilai mata pelajaran per semester

saya mau tanya,  apa di sekolah ini ada jurusan Tata Graha??

Sekarang sudah bukan Tata Graha namanya tetapi akomodasi perhotelan

Pages

Add new comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.