Program ReUpSkilling Guru Kejuruan SMK Tahun 2020

Dikektorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri,
Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebusayaan (Kemdikbud) membuat terobosan program “pernikahan masal” antara pendidikan vokasi dengan dunia usaha dunia industri (DUDI) dengan meluncurkan program upskilling dan reskilling guru SMK.

Program pertama yang diluncurkan adalah upskilling dan reskilling guru kejuruan SMK di industri. Ini merupakan program yang sangat signifikan untuk mendukung “pernikahan masal” dengan dunia industri. Kemdikbud dedang merancang kurikulum SMK yang baru, yakni lebih simpel dan match karena disusun dengan industri.

SMK Negeri 3 Denpasar ditunjuk menjadi salah satu Pusat Belajar, dimana PB SMK Negeri 3 Denpasar  menerima 3 kelas atau program kompetensi yaitu, kelas Perhotelan, Kelas Tata Boga dan Kelas Tata Busana. Jumlah peseta yang seharusnya mengikuti berjumlah 60 orang, namun ada beberapa peserta dari masing-masing kelas mengundurkan diri dikarenakan alasan kesehatan. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah peserta yang lolos seksi tahap awal, dimana diikuti oleh guru-guru SMK seluruh Indonesia. Kegiatan ini diawali dengan pembelajaran daring mulai dari bulan september 2020, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan tatap muka dan kegiatan magang di industri.

Kegiatan tatap muka dilaksanakan mulai dari tanggal 19 s/d 24 Oktober 2020 bertempat di tiga hotel di denpasar. Yaitu The Alantara Hotel untuk kelas Tata Boga, The Four Star Hotel By Trans untuk kelas Perhotelan dan Prime Paza hotel sanur untuk kelas Tata Busana. Masing masing kelas terdapat 1 orang mentor dan 1 orang admin dari PB SMKN 3 Denpasar, serta 1 orang fasilitator dari BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata.

Kemudian dari tanggal 26 oktober s/d 30 Nopember 2020 peserta mengikuti kegiatan magang di industri. Industri yang menjadi tempat magang atau praktek peserta meliputi Hotel Prama Sanur Beach, Wyndham group, Prime Plaza, dan industri yang lainnya. Kegiatan Program ReUpSkilling ini ditutup secara daring oleh panitia pusat pada tanggal 29 oktober 2020 bertempat di Aula SMK Negeri 3 Denpasar. Dan pada tanggal 20 Nopember 2020, peserta sudah kembali ke daerahnya masing-masing.